Cara mudah memperbaiki Kipas Angin Berputar tetapi pelan (kencangnya lama)

-Berputar tetapi pelan (kencangnya lama)
Gejala seperti ini adalah kerusakan yang paling menyebalkan karena dia hidup tapi tidak bisa digunakan,kerusakan ini ditandai dengan kipas angin bergetar seperti dengung, baling-baling berputar pelan atau bahkan tidak berputar sama sekali bahkan kadang kita bantu putar dan lama kelamaan baru kencang. Hal yang harus kita periksa adalah:
  • Pastikan As nya tidak kesat atau macet: jika macet kalian harus membersihkan nya dan memberi sedikit pelumas agar licin, biasanya mungkin terlalu banyaknya debu atau kotoran lainnya yang menempel pada AS sehingga macet atau kesat.
  • Bos (bearing):biasanya ini sering haus karena terkikis dengan besi as pada kipas anginnya, dan bos  (bearing) ini juga sering goyang sehingga kipas akan pelan berputar.biasanya langsung aja ganti dengan yang baru.
    Bearing

    Bearing

  • Kapasitor: ini adalah komponen yang sangat berpengaruh untuk kencang dan lambat nya kipas angin.biasanya kapasitor ini sering gembung atau sudah lemah (ukurannya 1uf, 1,5uf, 2uf, 2,5uf dansebagainya). semangkin tinggi nilai kapasitor nya maka semangkin kencang pula putaran kipasny.saran saya gantilah kapasitor yang sesuai dengan bawaan awalny.
    Letak Kapasitor

    Kapasitor

  • Spull: spull juga berpengaruh dalam hal ini,jika yang diatas belum ok juga kemungkinan spull nya lemah sehinga tidak mampu untuk memutar As nya.
    Kumparan Spull
Demikianlah sedikit ulasan mengenai:
Cara mudah memperbaiki Kipas Angin Berputar tetapi pelan (kencangnya lama) semoga artikel saya kali ini bisa menambah pengetahuan kita dan terus lah saling berbagi ilmu dengan sesama...
Wassalam....

Kunjungi juga artikel terkait:

 

Posting Komentar

0 Komentar